Langsung ke konten utama

Mengenal Jenis-Jenis Cat Tembok

5 Jenis Cat Tembok



Sebagai orang awam, mungkin kita hanya tahu jenis cat tembok berdasarkan peruntukannya saja, yaitu cat eksterior dan interior. Namun ternyata, ada beberapa jenis cat  jika dilihat dari tampilan hasil akhir pengecatan dan berikut ulasannya.

1. Tipe Matte atau Flat

Jenis cat tembok ini sering disebut cat matte. Ciri khas dari cat ini adalah tingkat kilau yang rendah namun terlihat lembut dan menyatu dengan tembok. Keuntungan lain dari cat ini adalah bisa menyembunyikan bagian plesteran dinding yang kurang rapi seperti tonjolan atau retakan kecil.

Kekurangan dari jenis cat ini adalah jika terkena noda akan sulit dibersihkan. Cat ini tidak cocok untuk digunakan pada ruang dapur atau kamar mandi. Cat ini bisa diaplikasikan pada bagian plafon, ruang tamu atau kamar tidur.

2. Tipe Egg Shell

Memiliki tampilan yang menyerupai kulit telur, sedikit bertekstur namun tetap halus ketika disentuh. Dibandingkan dengan cat tipe matte, cat egg shell jauh lebih mudah dibersihkan dan tidak terlalu memantulkan cahaya. Cat ini cocok untuk diaplikasikan pada ruang keluarga, ruang tamu, kamar tidur dan bagian indoor lainnya.

3. Tipe Satin

Tipe cat yang memberikan kesan teduh dan mewah. Cat tipe satin memiliki tampilan tidak glossy ( mengkilap ) namun juga tidak terlalu melekat seperti halnya matte. Jenis cat ini juga cocok untuk diaplikasikan pada bagian interior, seperti ruang tamu, ruang tidur atau bisa juga untuk ruang galeri dan restaurant.

4. Tipe Semi Gloss

Cat semi gloss memiliki daya tahan warna lebih bagus disbanding ketiga jenis cat sebelumnya. Namun cat jenis ini cukup banyak memantulkan cahaya, sehingga akan jelas menampilkan tekstur atau tonjolan pada dinding.

Kelebihan dari jenis cat ini adalah cukup tahan terhadap air dan mudah dibersihkan, sehingga cocok untuk diaplikasikan pada kamar mandi, dapur, ruang cuci, atau bagian luar ruangan ( eksterior).

5. Tipe Glossy

Jenis cat yang satu ini memiliki kemampuan memantulkan cahaya lebih banyak dibanding jenis cat lainnya dan juga lebih mudah dibersihkan. Hasil akhir dari cat ini akan menampilkan warna yang kuar dan berkilau sehingga terkesan glamour dan mewah.

Cat ini bisa diaplikasikan baik untuk interior maupun eksterior. Untuk  ruang interior, seperti  ruang tamu atau ruang keluarga, sebaiknya tidak memilih warna-warna yang mencolok.

Nah, setelah membaca ulasan di atas, kini saatnya menentukan jenis cat apa yang ingin diaplikasikan untuk hunian tercinta Anda. Jika masih bingung,  jangan sungkan untuk bertanya kira-kira jenis cat apa yang cocok dan bagus untuk rumah Anda ketika belanja di Toko Cat.

sumber : rumahlia.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Beda Cat Dasar dan Plamir

Banyak orang yang masih bingung dan bahkan mengartikan bahwa cat dasar sama dengan plamir. Ada juga yang sering bertanya, sebaiknya pakai cat dasar atau plamir sebelum cat finish. Baik cat dasar maupun plamir memang sama-sama diaplikasikan sebelum cat akhir/finish, namun keduanya memiliki fungsi yang berbeda. Nah, mari kita simak uraian berikut. Cat Dasar Ada beberapa jenis cat dasar tembok atau cat primer yang beredar di pasaran Indonesia, diantaranya Alkali Resisting Primer ( Undercoat ), Wall Sealer, Waterproofing Sealer & Alkali Killer. Alkali Resisting Primer, cat dasar berbahan emulsi acrylic ini biasa diaplikasikan pada permukaan dinding baru yang sudah kering sempurna. Wall Sealer, berbahan dasar yang sama cat dasar jenis ini diperuntukkan untuk permukaan tembok lama/sudah pernah dicat. Waterproofing Sealer, cat dasar ini bisa diaplikasikan pada permukaan tembok lama maupun baru yang kondisi temboknya lembab. Alkali Killer, berbeda dengan 3 jenis cat dasar seb

Jenis-Jenis Dempul Mobil

Jenis-Jenis Dempul Mobil dan Cara Penggunaannya pic : otosia.com Pada proses pekerjaan repair body mobil dan pengecatan mobil pasti membutuhkan dempul (putty). Dempul adalah lapisan dasar (undercoat) yang digunakan untuk mengisi bagian yang penyok dalam dan besar atau cacat pada permukaan panel/body kendaraaan. Dempul sendiri dapat digolongkan menjadi tiga macam menurut penggunaannya. Berikut ulasannnya. 1. Dempul Polyester Putty Jenis dempul dua komponen atau sering disebut dempul plastic. Dempul jenis ini menggunakan organic peroxide sebagai hardener dan mengandung banyak pigment sehingga dapat membentuk laposan yang tebal dan mudah diamplas. Dempul jenis ini biasanya diaplikasikan menggunakan kape dempul dan akan menghasilkan tekstur yang keras setelah kering. Dempul ini digunakan untuk menutup cacat yang parah atau memberi bentuk pada bidang tertentu. Merk dempul yang termasuk dalam jenis Poyester Putty diantaranya adalah Sanpolac , Alfagloss , Isamu , Nippe PE dan b

6 Teknik Kreatif Mengecat Tembok Untuk Tampilan Unik & Elegan

Teknis Pengecatan Kreatif Untuk Tampilan Dinding Unik, Cantik dan Elegan pic : google.com Bosan dengan cat tembok yang begitu-begitu saja? Dengan sedikit kreatifitas dan peralatan sederhana Anda bisa membuat interior rumah Anda lebih unik dan indah. Beberapa trik dan teknik pengecatan dibawah ini bisa Anda praktekkan sendiri di rumah. 1. Kain digulung untuk menciptakan pola abstrak pic : google.com Gunakan kain kanebo yang murah atau kain biasa yang halus sedikit tebal untuk membuat tembok rumah Anda lebih nyentrik. Pertama, cat tembok seperti biasa dan tunggu hingga benar-benar kering. Langkah selanjutnya, gunakan warna cat yang berbeda dan gunakan gulungan kain sebagai pengganti kuas. Aplikasikan sesuai selera dan kreasi Anda. 2. Spon bisa membuat dinding Anda lebih Unik pic : google.com Anda bisa menggunakan jenis spon apa pun, spon pencuci piring atau spon mandi tergantung pola yang diinginkan. Caranya cukup mudah, celupkan salah satu sisi bagian spon di d