Langsung ke konten utama

Mengenal 6 Macam Material Dinding Rumah

Kelebihan dan Kekurangan Material Dinding Rumah

unsplash.com

Dalam sebuah hunian, dinding merupakan satu elemen yang sangat penting. Dilihat dari segi struktur dan konstruksi, dinding dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu dinding partisi/pengisi ( tidak menahan beban) dan dinding struktural (bearing wall).

Dinding sendiri dapat dibuat dari berbagai macam material sesuai dengan budget, kebutuhan dan peruntukannya. Berikut beberapa macam material yang dapat digunakan sebagai bahan pembuatan/dinding .

1. Batu Bata Merah
google.com
Batu bata merah adalah material dinding yang paling banyak digunakan oleh sebagian besar orang dalam membangun sebuah rumah. Terbuat dari tanah liat yang dibakar, batu bata merah memiliki daya tahan yang kuat dan harganya pun cukup murah.
Kelebihan dari batu bata merah adalah material ini mampu mereduksi panas, tidak terpengaruh terhadap perubahan cuaca ( tahan lama ) dan mudah dalam pemasangannya. Namun kekurangannya dari material ini adalah butuh waktu yang cukup lama dalam proses pemasangannya.

2. Batako
google.com
Batako terbuat dari campuran bahan pasir dan semen yang dicetak berbentuk balok. Kelebihan dari material batako ini adalah harganya yang relative lebih murah disbanding batu bata merah serta proses pemasangannya juga lebih cepat dibandingkan dengan batu bata merah.
Namun kekurangan dari material ini adalah mudah retak dan daya tahan terhadap beban berat cenderung minim.

3. Bata Ringan
canva.com
Pembangunan rumah bergaya minimalis biasanya menggunakan bata ringan sebagai material dindingnya. Keunggulan dari material ini  adalah berat massa/ bobotnya yang ringan sehingga membuat proses pengerjaan berlangsung lebih cepat dibanding menggunakan batu bata merah. Namun harga bata ringan ini relatif cukup mahal sehingga tidak direkomendasikan jika ingin hemat dalam pembangunan rumah.

4. GRC ( Glassfiber Reinforce Cement)
google.com
Material ini terbuat dari serat fiber glass yang dicampur dengan pasir dan semen. Material ini memiliki sifat non permanen dan bisa dibongkar kembali apabila tidak terpakai. Kelebihan dari material ini adalah proses pemasangannya lebih mudah dan cepat karena memiliki bobot yang cukup ringan. Kekurangan dari GRC adalah material ini tidak taham terhadap benturan dan juga beban berat.

5. Kayu
google.com
Material yang satu ini memang multifungsi. Selain digunakan sebagai bahan furniture rumah, kayu juga bisa digunakan sebagai material dinding. Namun jika Anda harus berhati-hati dalam memilih jenis kayu yang akan digunakan. Pilihlah kayu yang tidak mudah rapuh dan dimakan rayap.

Kelebihan penggunaan material kayu antara lain adalah memberikan nilai seni dan artistik, memberikan nuansa alami dan sejuk, penyerap suara yang baik serta tahan gempa.

Namun kekurangan dari material kayu adalah, harganya relative mahal, proses pengerjaan yang cukup rumit dan juga rawan kebakaran.

6. Kaca
google.com
Mungkin belum banyak orang yang menggunakan kaca sebagai material dinding utama. Namun, pada sebagian bangunan, khususnya bangunan komersil, dinding dengan material kaca bukan hal yang tak lazim. Selain memberikan kesan terbuka, material kaca memberikan nuansa lebih elegan dan mewah.

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan dari beberapa material di atas, saatnya mulai mempertimbangkan bahan atau material apa yang akan digunakan untuk membangun sebuah hunian idaman Anda. Anda juga bisa memadu padankan beberapa material di atas untuk bagian eksterior dan interior rumah Anda. Perhatikan budget, struktur tanah dan lingkungan sehingga memudahkan proses pengerjaannya dan membuat Anda nyaman tinggal di dalamnya.

sumber : rumahlia.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jenis-Jenis Dempul Mobil

Jenis-Jenis Dempul Mobil dan Cara Penggunaannya pic : otosia.com Pada proses pekerjaan repair body mobil dan pengecatan mobil pasti membutuhkan dempul (putty). Dempul adalah lapisan dasar (undercoat) yang digunakan untuk mengisi bagian yang penyok dalam dan besar atau cacat pada permukaan panel/body kendaraaan. Dempul sendiri dapat digolongkan menjadi tiga macam menurut penggunaannya. Berikut ulasannnya. 1. Dempul Polyester Putty Jenis dempul dua komponen atau sering disebut dempul plastic. Dempul jenis ini menggunakan organic peroxide sebagai hardener dan mengandung banyak pigment sehingga dapat membentuk laposan yang tebal dan mudah diamplas. Dempul jenis ini biasanya diaplikasikan menggunakan kape dempul dan akan menghasilkan tekstur yang keras setelah kering. Dempul ini digunakan untuk menutup cacat yang parah atau memberi bentuk pada bidang tertentu. Merk dempul yang termasuk dalam jenis Poyester Putty diantaranya adalah Sanpolac, Alfagloss, Isamu, Nippe PE dan beberapa merk lainnya. 2…

6 Jenis Pelapis Kayu yang Perlu Kamu Ketahui

Kelebihan dan Kekurangan Pelapis Kayu Untuk Perlindungan Furniture Anda pic : google.com
Kayu merupakah salah satu material utama yang sering kita jumpai di dalam rumah. Pintu, jendela, kitchen set, furniture bahkan lantai menggunakan kayu sebagai material utamanya. Pemilihan jenis kayu yang bagus, harus diimbangi juga dengan perawatan yang baik, salah satunya adalah penggunaan pelapis kayu yang tepat. Ada beberapa jenis pelapis kayu yang ada di pasaran. Oleh karenanya kita perlu mengetahui setiap jenis dan manfaat dari masing-masing pelapis kayu. 1. Pernis Jika Anda menginginkan warna natural, pelapis kayu jenis pernis ini adalah pilihan yang tepat. Anda bisa memilih tampilan mengkilap (gloss) atau maff (doff). Pelapis kayu pernis ini memiliki ketahanan yang baik terhadap air maupun paparan sinar matahari. Aplikasinya pun cukup mudah, aplikasikan secara merata ke seluruh permukaan kayu yang sudah siap finishing. Namun kekurangannya adalah, warna atau lapisan cepat pudar, sehingga harus r…

CAT TEMBOK WELDON

Weldon Wallpaint

Weldon Wallpaint – Cat tembok berbasis styrene acrylic yang memiliki keunggulan tahan dengan semua iklim, sesuai dengan daerah tropis dengan hasil yang sempurna. Weldon wallpaint cocok untuk diaplikasikan di segala permukaan tembok dan plafon dengan beragam warna yang anggun dan indah.

KEUNGGULAN Banyak pilihan warna warna yang menarikDaya tutup bagusMudah dibersihkan dari nodaDaya sebar maksimumPETUNJUK DAN SARAN PEMAKAIAN : Pastikan permukaan yang akan dicat sudah dalam keadaan benar-benar kering (proteimer 17-19% dengan pH<9 ) dan bersih dari berbagai material yang menganggu seperti kotoran, minyak, lilin, jamur maupun lumut.Pada permukaan tembok lama ( sudah pernah dicat ) lakukan pengerokan bila diperlukan. Amplas permukaan sampai halus dan bersih.Aplikasikan Welldon wallpaint menggunakan kuas, roll maupun alat semprot. Daya sebar optimum antara 5-6 m2/meter per lapis. Bila akan diaplikasikan lapisan berikutnya, berikan jarak/selang waktu minimal 1 jam.TERSEDIA DA…