Langsung ke konten utama

Cara Mengatasi Tembok Lembab dan Berjamur

Tembok Lembab dan Berjamur


Lembab dan berjamur adalah salah satu masalah yang sering muncul pada dinding rumah kita. Tembok yang lembab akan menimbulkan bau tidak sedap, tidak nyaman dipandang karena munculnya jamur-jamur tembok dan juga tidak bagus bagi kesehatan.

Untuk mencegah dan mengatasi agar tembok tidak lembab dan berjamur, kita bisa melakukan langkah-langkah berikut ini :

1. Cek Talang dan Pipa Air
Talang atau pipa air yang rusak atau bocor bisa menjadi jalan masuk air menuju tembok. Segera tambal bagian yang bocor, bila perlu gantilah dengan talang atau pipa air yang baru.

2. Perhatikan Sirkulasi Udara & Sinar Matahari
Tembok yang lembab dan berjamur bisa juga disebabkan karena kurangnya sinar matahari dan sirkulasi udara yang masuk ke dalam ruangan. Pastikan sirkulasi udara di rumah Anda dengan sering membuka pintu, tirai/horden dan jendela agar sinar matahari bisa masuk.

3. Bersihkan Jamur
Jika sudah terlanjur muncul jamur pada dinding rumah, segera bersihkan agar tidak menjalar ke bagian yang lain. Apabila jamur belum terlalu banyak, gunakan cairan cuka yang dicampur air kemudian semprotkan pada area dinding yang sudah berjamur, sikat hingga jamur terangkat seluruhnya. Namun jika jamur sudah menyebar cukup banyak, gunakan cairan anti jamur, sesuai ketentuan penggunaan yang disarankan.

4. Amplas Dinding yang Terkena Jamur dan Lumut
Setelah dinding yang berjamur disikat dengan cairan cuka atau anti jamur, amplas tembok hingga benar-benar besih dan halus, kemudian bersihkan sisa amplas.

5. Aplikasikan Kaporit
Setelah permukaan tembok sudah bersih, aplikasikan kaporit, kandungan klorinnya efektif untuk membasmi jamur.

6. Cat Ulang dengan Cat Waterproof
Setelah dinding benar-benar bersih dari jamur, cat ulang menggunakan cat waterproof untuk mencegah timbulnya jamur dan lumut tumbuh kembali.

7. Rutin Membersihkan Tembok
Sebagai perawatan dan pencegahan, membersihkan dinding tembok secara rutin minimal dengan air juga diperlukan.

sumber : pacificpaint

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Beda Cat Dasar dan Plamir

Banyak orang yang masih bingung dan bahkan mengartikan bahwa cat dasar sama dengan plamir. Ada juga yang sering bertanya, sebaiknya pakai cat dasar atau plamir sebelum cat finish. Baik cat dasar maupun plamir memang sama-sama diaplikasikan sebelum cat akhir/finish, namun keduanya memiliki fungsi yang berbeda. Nah, mari kita simak uraian berikut. Cat Dasar Ada beberapa jenis cat dasar tembok atau cat primer yang beredar di pasaran Indonesia, diantaranya Alkali Resisting Primer ( Undercoat ), Wall Sealer, Waterproofing Sealer & Alkali Killer. Alkali Resisting Primer, cat dasar berbahan emulsi acrylic ini biasa diaplikasikan pada permukaan dinding baru yang sudah kering sempurna. Wall Sealer, berbahan dasar yang sama cat dasar jenis ini diperuntukkan untuk permukaan tembok lama/sudah pernah dicat. Waterproofing Sealer, cat dasar ini bisa diaplikasikan pada permukaan tembok lama maupun baru yang kondisi temboknya lembab. Alkali Killer, berbeda dengan 3 jenis cat dasar seb

Jenis-Jenis Dempul Mobil

Jenis-Jenis Dempul Mobil dan Cara Penggunaannya pic : otosia.com Pada proses pekerjaan repair body mobil dan pengecatan mobil pasti membutuhkan dempul (putty). Dempul adalah lapisan dasar (undercoat) yang digunakan untuk mengisi bagian yang penyok dalam dan besar atau cacat pada permukaan panel/body kendaraaan. Dempul sendiri dapat digolongkan menjadi tiga macam menurut penggunaannya. Berikut ulasannnya. 1. Dempul Polyester Putty Jenis dempul dua komponen atau sering disebut dempul plastic. Dempul jenis ini menggunakan organic peroxide sebagai hardener dan mengandung banyak pigment sehingga dapat membentuk laposan yang tebal dan mudah diamplas. Dempul jenis ini biasanya diaplikasikan menggunakan kape dempul dan akan menghasilkan tekstur yang keras setelah kering. Dempul ini digunakan untuk menutup cacat yang parah atau memberi bentuk pada bidang tertentu. Merk dempul yang termasuk dalam jenis Poyester Putty diantaranya adalah Sanpolac , Alfagloss , Isamu , Nippe PE dan b

6 Teknik Kreatif Mengecat Tembok Untuk Tampilan Unik & Elegan

Teknis Pengecatan Kreatif Untuk Tampilan Dinding Unik, Cantik dan Elegan pic : google.com Bosan dengan cat tembok yang begitu-begitu saja? Dengan sedikit kreatifitas dan peralatan sederhana Anda bisa membuat interior rumah Anda lebih unik dan indah. Beberapa trik dan teknik pengecatan dibawah ini bisa Anda praktekkan sendiri di rumah. 1. Kain digulung untuk menciptakan pola abstrak pic : google.com Gunakan kain kanebo yang murah atau kain biasa yang halus sedikit tebal untuk membuat tembok rumah Anda lebih nyentrik. Pertama, cat tembok seperti biasa dan tunggu hingga benar-benar kering. Langkah selanjutnya, gunakan warna cat yang berbeda dan gunakan gulungan kain sebagai pengganti kuas. Aplikasikan sesuai selera dan kreasi Anda. 2. Spon bisa membuat dinding Anda lebih Unik pic : google.com Anda bisa menggunakan jenis spon apa pun, spon pencuci piring atau spon mandi tergantung pola yang diinginkan. Caranya cukup mudah, celupkan salah satu sisi bagian spon di d