Langsung ke konten utama

Mau Ngecat Tembok, Bagus Pakai Kuas atau Roller?

Pic: freepik


Sering sekali dapat pertanyaan, " Untuk mengecat tembok lebih bagus pakai kuas atau roller ya kak?" Buat kalian yang ingin mengecat sendiri tembok rumah atau kamar, wajib tahu dulu apa plus minus dari kedua alat pengecatan ini, agar tidak salah pilih. 

Dari segi waktu, mengecat menggunakan roller memang lebih cepat dibandingkan dengan kuas. Permukaan roller yang lebih besar membuat daya jangkau nya lebih luas sehingga mempercepat pekerjaan.

pic : pinterest

Dari segi biaya, roller harganya lebih mahal dibandingkan kuas. Kuas bisa menyerap cat lebih baik, dan daya sebarnya lebih luas sehingga lebih irit. Roller rata-rata dapat menghabiskan 40% cat lebih banyak daripada menggunakan kuas, apalagi kualitas roller nya kurang bagus.

Roller lebih mudah untuk aplikasi cat pada permukaan yang datar dan luas. Pada bagian sudut dan lekukan tidak bisa dijangkau dengan roller meskipun dengan ukuran yang paling kecil. Disinilah kelebihan penggunaan kuas, kuas bisa menjangkau bagian sudut-sudut ruangan dan lekukan.

pic : pinterest

Mengecat menggunakan kuas dan roller sebenarnya sama-sama memberikan hasil yang memuaskan. Bedanya, mengecat menggunakan kuas akan meninggalkan jejak goresan kuas, sedangkan roller hasilnya seperti kulit jeruk. 

Dari ulasan di atas, kita sama-sama sudah tahu bukan bahwa keduanya sama-sama kita butuhkan saat proses pengecatan dinding. Roller sangat efektif untuk pengecatan pada bidang yang datar dan luas, sedangkan untuk kuas bisa digunakan untuk menyempurnakan pada bagian sudut dan lekukan. Kedua alat ini saling melengkapi dan tidak bisa kita pilih salah satu.

sumber : acepaints.acehardware.co.id

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jenis-Jenis Dempul Mobil

Jenis-Jenis Dempul Mobil dan Cara Penggunaannya pic : otosia.com Pada proses pekerjaan repair body mobil dan pengecatan mobil pasti membutuhkan dempul (putty). Dempul adalah lapisan dasar (undercoat) yang digunakan untuk mengisi bagian yang penyok dalam dan besar atau cacat pada permukaan panel/body kendaraaan. Dempul sendiri dapat digolongkan menjadi tiga macam menurut penggunaannya. Berikut ulasannnya. 1. Dempul Polyester Putty Jenis dempul dua komponen atau sering disebut dempul plastic. Dempul jenis ini menggunakan organic peroxide sebagai hardener dan mengandung banyak pigment sehingga dapat membentuk laposan yang tebal dan mudah diamplas. Dempul jenis ini biasanya diaplikasikan menggunakan kape dempul dan akan menghasilkan tekstur yang keras setelah kering. Dempul ini digunakan untuk menutup cacat yang parah atau memberi bentuk pada bidang tertentu. Merk dempul yang termasuk dalam jenis Poyester Putty diantaranya adalah Sanpolac , Alfagloss , Isamu , Nippe PE dan b

6 Teknik Kreatif Mengecat Tembok Untuk Tampilan Unik & Elegan

Teknis Pengecatan Kreatif Untuk Tampilan Dinding Unik, Cantik dan Elegan pic : google.com Bosan dengan cat tembok yang begitu-begitu saja? Dengan sedikit kreatifitas dan peralatan sederhana Anda bisa membuat interior rumah Anda lebih unik dan indah. Beberapa trik dan teknik pengecatan dibawah ini bisa Anda praktekkan sendiri di rumah. 1. Kain digulung untuk menciptakan pola abstrak pic : google.com Gunakan kain kanebo yang murah atau kain biasa yang halus sedikit tebal untuk membuat tembok rumah Anda lebih nyentrik. Pertama, cat tembok seperti biasa dan tunggu hingga benar-benar kering. Langkah selanjutnya, gunakan warna cat yang berbeda dan gunakan gulungan kain sebagai pengganti kuas. Aplikasikan sesuai selera dan kreasi Anda. 2. Spon bisa membuat dinding Anda lebih Unik pic : google.com Anda bisa menggunakan jenis spon apa pun, spon pencuci piring atau spon mandi tergantung pola yang diinginkan. Caranya cukup mudah, celupkan salah satu sisi bagian spon di d

6 Jenis Pelapis Kayu yang Perlu Kamu Ketahui

Kelebihan dan Kekurangan Pelapis Kayu Untuk Perlindungan Furniture Anda pic : google.com Kayu merupakah salah satu material utama yang sering kita jumpai di dalam rumah. Pintu, jendela, kitchen set, furniture bahkan lantai menggunakan kayu sebagai material utamanya. Pemilihan jenis kayu yang bagus, harus diimbangi juga dengan perawatan yang baik, salah satunya adalah penggunaan pelapis kayu   yang tepat. Ada beberapa jenis pelapis kayu yang ada di pasaran. Oleh karenanya kita perlu mengetahui setiap jenis dan manfaat dari masing-masing pelapis kayu. 1. Pernis Jika Anda menginginkan warna natural, pelapis kayu jenis pernis ini adalah pilihan yang tepat. Anda bisa memilih tampilan mengkilap (gloss) atau maff (doff). Pelapis kayu pernis ini memiliki ketahanan yang baik terhadap air maupun paparan sinar matahari. Aplikasinya pun cukup mudah, aplikasikan secara merata ke seluruh permukaan kayu yang sudah siap finishing. Namun kekurangannya adalah, warna atau lapisan cepat pud