Langsung ke konten utama

Inspirasi Warna Cat Interior - Part 1

Warna memegang peranan penting untuk estetika sebuah desain dan arsitektur. Pemilihan warna untuk hunian juga mencerminkan karakter dari penghuninya. 

Warna berdasarkan pengaruh cahaya bisa dibedakan menjadi dua yakni gelap dan terang. Kedua jenis warna ini sebenarnya tidak bisa dipisahkan. Perpaduan warna gelap dan terang bisa menciptakan desain dan arsitektur yang indah dengan porsi yang tepat, termasuk dalam warna interior rumah. 

Ruang Tamu

Ruang tamu biasanya terletak pada bagian paling depan sebuah rumah. Disinilah, orang lain akan melihat bagian dalam rumah kita pertama kali. Oleh karena itu pemilihan warna yang tepat perlu diperhatikan.

Pilih satu warna dasar dan satu warna kombinasi, misalnya warna putih sebagai warna dasar dan warna hijau, biru atau pink pastel sebagai warna kombinasi. Perpaduan warna ini bisa menciptakan kesan luas dan elegan.

pic : pinterest.com

Jika Anda ingin menggunakan satu warna saja dalam satu ruangan, misalnya warna putih, padukan dengan interior berwarna netral seperti warna coklat.

pic : pinterest.com

Anda juga membuat ruang tamu Anda lebih luas dan elegan dengan mengkombinasikan warna dinding dan langit-langit. Biarkan dinding menggunakan satu warna yang sama dan gunakan warna langit-langit yang berbeda atau kontras.

Dinding yang sudah berwarna gelap sebaiknya diimbangi dengan pencahayaan yang cukup, misalnya penggunaan dinding kaca, agar cahaya matahari bisa masuk.

pic : pinterest.com

Agar tidak terkesan kaku dan monoton, padukan warna gelap dengan warna terang pada beberapa bagian.

pic : pinterest.com

Ruang Tidur

Ruang tidur, adalah ruangan yang penuh privasi. Warna ruang tidur antara kamar satu dan yang lainnya dalam satu rumah biasanya tidak sama. 

Memilih warna untuk cat dinding dan perabot berwarna pastel adalah plihan yang tepat untuk membuat kamar tidur Anda terlihat elegan dan menenangkan.

pic : pinterest.com

Memadukan warna cat dinding yang gelap dengan pintu dan langit-langit berwarna kontras cerah seperti warna putih.

pic : pinterest.com

Dominasi warna cerah pada dinding, bisa dikombinasikan dengan warna gelap pada satu sisi sebagai focus. Misalnya pada dinding belakang tempat tidur.

pic : pinterest.com

Kesan ceria, hangat dan penuh semangat bisa Anda ciptakan dengan warna-warna cerah seperti kuning dan jingga. Warna bisa cocok untuk diaplikasikan pada ruang kamar tidur anak

pic : pinterest.com
pic : pinterest.com

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Beda Cat Dasar dan Plamir

Banyak orang yang masih bingung dan bahkan mengartikan bahwa cat dasar sama dengan plamir. Ada juga yang sering bertanya, sebaiknya pakai cat dasar atau plamir sebelum cat finish. Baik cat dasar maupun plamir memang sama-sama diaplikasikan sebelum cat akhir/finish, namun keduanya memiliki fungsi yang berbeda. Nah, mari kita simak uraian berikut. Cat Dasar Ada beberapa jenis cat dasar tembok atau cat primer yang beredar di pasaran Indonesia, diantaranya Alkali Resisting Primer ( Undercoat ), Wall Sealer, Waterproofing Sealer & Alkali Killer. Alkali Resisting Primer, cat dasar berbahan emulsi acrylic ini biasa diaplikasikan pada permukaan dinding baru yang sudah kering sempurna. Wall Sealer, berbahan dasar yang sama cat dasar jenis ini diperuntukkan untuk permukaan tembok lama/sudah pernah dicat. Waterproofing Sealer, cat dasar ini bisa diaplikasikan pada permukaan tembok lama maupun baru yang kondisi temboknya lembab. Alkali Killer, berbeda dengan 3 jenis cat dasar seb

Cara Mengatasi Bercak Putih Pada Tembok

Pic : Unsplash Tembok belum lama dicat, tapi sudah muncul bercak-bercak putih, apa penyebabnya? Bercak putih pada tembok yang belum lama dicat disebabkan oleh beberapa faktor berikut ini ; Pengecatan dilakukan pada saat acian yang masih baru dan belum benar-benar kering ( kadar airnya tinggi) Air yang dipakai untuk campuran air dan acian tembok mengandung alkali yang tinggi Tidak menggunakan cat dasar/alkali resisting primer  Terjadi retakan pada plesteran dan acian, sehingga alkali semen terbawa keluar permukaan cat Kualitas cat yang digunakan rendah Nah, berikut cara mengatasinya : Amplas permukaan tembok hingga porous sehingga air yang terjebak di bawah lapisan cat bisa keluar Aplikasikan lapisan anti bocor/waterproofing 1 atau 2 kali lapis, jika kadar air masih tinggi Tunggu hingga lapisan waterproofing benar-benar kering Selanjutnya, aplikasikan cat finish secara bertahap dan biarkan kering Sebagai upaya pencegahan, sebaiknya lakukan hal berikut sebelum proses pengecatan : Cek kad

PROPAN TENNOKOTE - CAT LAPANGAN OLAHRAGA

PROPAN TENNOKOTE - CAT KHUSUS LAPANGAN OLAHRAGA Cat khusus lapangan olahraga, baik didalam maupun diluar ruangan, yang terbuat dari bahan dispersi polymer, filler dan pigmen dalam air. Setelah kering TENNOKOTE akan membentuk lapisan film yang fleksibel dan memiliki daya lekat yang kuat pada lapangan yang terbuat dari beton dan aspal. KEUNGGULAN : Anti slip Tidak berbau Cepat Kering Mudah diaplikasi Berbahan dasar air Daya lekat sangat baik Tahan terhadap sinar UV Bebas mercury/ logam berat DATA TEKNIS : Tampilan akhir : Doff Daya Sebar Teoritis : 1.5 – 2.0 m?2; /kg (200 micron/ 3kali lapis termasuk pasir kuarsa) Waktu kering : Kering sentuh 10 menit (30° C) ; Kering sempurna 2 jam (30° C) Umur penyimpanan : 1 tahun dengan kemasan tertutup Pengencer : Air bersih Aplikasi : Kuas dan roll PROSEDUR APLIKASI : Permukaan yang akan dicat harus kering & bersih dari debu, minyak dan kotoran lain yang mudah lepas. Gunakan gerinda atau cairan ki