Langsung ke konten utama

Cara Menghilangkan Cat Pada Besi


Benda yang terbuat dari bahan besi biasanya rentan karatan. Melapisi besi dengan cat anti karat dan cat besi adalah salah satu cara membuat furniture dari bahan besi agar lebih awet dan terlihat lebih indah. Namun jika warna cat sudah mulai pudar dan cat tidak rata, pengecatan ulang harusnya dilakukan.

Proses pengelupasan cat pada permukaan besi memang tidak semudah mengelupas cat pada tembok. Berikut adalah beberapa cara dan alat ini bisa Anda gunakan untuk mengelupas cat pada furniture rumah yang terbuat dari bahan besi.

Soda Api

Oleskan atau semprotkan soda api ke seluruh permukaan besi yang ingin dikelupas catnya. Tunggu beberapa saat, hingga cat mulai mengelupas dan meleleh dengan sendirinya. Gunakan amplas untuk membersihkan sisa-sisa cat yang masih menempel. Kemudian bersihkan hingga bersih dan halus kembali.

Mesin Sander

Mesin sander bisa dibilang amplas modern, butuh aliran listrik untuk menggunakan alat ini. Gunakan mesin sander ke seluruh permukaan besi yang ingin dihilankan cat nya. Gunakan masker agar serpihan cat tidak terhirup dan mengganggu pernapasan. Setelah cat sudah terkelupas, bersihkan sisa-sisa cat dan debu dengan kuas atau lap kering.

Bensin

Siapkan lap kering dan bensin, tuangkan bensin pada lap kemudian aplikasikan ke seluruh permukaan besi. Diamkan beberapa saat agar cat mengelupas dan rontok. Untuk hasil maksimal lakukan beberapa kali hingga cat benar-benar bersih. Bila perlu gunakan amplas untuk menghilangkan cat yang masih menempel kemudian bersihkan dengan lap kering bersih.

Compound

Coumpund memang sering digunakan untuk menghilangkan cat pada besi, namun juga bisa mengikis body dari besi. Cara aplikasinya, gunakan lap kering yang bersih, oleskan coumpund  secukupnya dan gosok-gosokkan lap ke permukaan besi. Lakukan hingga cat terkikis dan hilang.

Paint Remover

Paint remover mudah ditemukan di toko bangunan. Cara penggunaannya pun cukup mudah, gunakan kuas kecil yang memiliki bulu halus dan lembut, celupkan ke paint remover dan kuaskan ke seluruh permukaan besi yang ingin dihilangkan catnya. Jangan lupa gunakan sarung tangan dan masker, pastikan cairan paint remover tidak mengenai kulit.

Diamkan beberapa saat hingga cat akan mengelupas dan rontok. Amplas sisa-sisa cat yang masih menempel dengan amplas. Kemudian bersihkan dengan lap/kain kering hingga benar-benar bersih.

Thinner

Thinner biasanya digunakan untuk campuran pada cat minyak. Namun thinner juga bisa digunakan untuk merontokkan cat pada besi. Kuaskan thinner pada permukaan besih, segera kerok cat menggunakan scrap/alat pengerok cat. 

Gunakan amplas untuk membersihkan cat yang masih tersisa hingga benar-benar bersih. Kemudian lap dengan kain bersih hingga permukaan besi benar-benar kering.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Beda Cat Dasar dan Plamir

Banyak orang yang masih bingung dan bahkan mengartikan bahwa cat dasar sama dengan plamir. Ada juga yang sering bertanya, sebaiknya pakai cat dasar atau plamir sebelum cat finish. Baik cat dasar maupun plamir memang sama-sama diaplikasikan sebelum cat akhir/finish, namun keduanya memiliki fungsi yang berbeda. Nah, mari kita simak uraian berikut. Cat Dasar Ada beberapa jenis cat dasar tembok atau cat primer yang beredar di pasaran Indonesia, diantaranya Alkali Resisting Primer ( Undercoat ), Wall Sealer, Waterproofing Sealer & Alkali Killer. Alkali Resisting Primer, cat dasar berbahan emulsi acrylic ini biasa diaplikasikan pada permukaan dinding baru yang sudah kering sempurna. Wall Sealer, berbahan dasar yang sama cat dasar jenis ini diperuntukkan untuk permukaan tembok lama/sudah pernah dicat. Waterproofing Sealer, cat dasar ini bisa diaplikasikan pada permukaan tembok lama maupun baru yang kondisi temboknya lembab. Alkali Killer, berbeda dengan 3 jenis cat dasar seb

Cara Mengatasi Bercak Putih Pada Tembok

Pic : Unsplash Tembok belum lama dicat, tapi sudah muncul bercak-bercak putih, apa penyebabnya? Bercak putih pada tembok yang belum lama dicat disebabkan oleh beberapa faktor berikut ini ; Pengecatan dilakukan pada saat acian yang masih baru dan belum benar-benar kering ( kadar airnya tinggi) Air yang dipakai untuk campuran air dan acian tembok mengandung alkali yang tinggi Tidak menggunakan cat dasar/alkali resisting primer  Terjadi retakan pada plesteran dan acian, sehingga alkali semen terbawa keluar permukaan cat Kualitas cat yang digunakan rendah Nah, berikut cara mengatasinya : Amplas permukaan tembok hingga porous sehingga air yang terjebak di bawah lapisan cat bisa keluar Aplikasikan lapisan anti bocor/waterproofing 1 atau 2 kali lapis, jika kadar air masih tinggi Tunggu hingga lapisan waterproofing benar-benar kering Selanjutnya, aplikasikan cat finish secara bertahap dan biarkan kering Sebagai upaya pencegahan, sebaiknya lakukan hal berikut sebelum proses pengecatan : Cek kad

PROPAN TENNOKOTE - CAT LAPANGAN OLAHRAGA

PROPAN TENNOKOTE - CAT KHUSUS LAPANGAN OLAHRAGA Cat khusus lapangan olahraga, baik didalam maupun diluar ruangan, yang terbuat dari bahan dispersi polymer, filler dan pigmen dalam air. Setelah kering TENNOKOTE akan membentuk lapisan film yang fleksibel dan memiliki daya lekat yang kuat pada lapangan yang terbuat dari beton dan aspal. KEUNGGULAN : Anti slip Tidak berbau Cepat Kering Mudah diaplikasi Berbahan dasar air Daya lekat sangat baik Tahan terhadap sinar UV Bebas mercury/ logam berat DATA TEKNIS : Tampilan akhir : Doff Daya Sebar Teoritis : 1.5 – 2.0 m?2; /kg (200 micron/ 3kali lapis termasuk pasir kuarsa) Waktu kering : Kering sentuh 10 menit (30° C) ; Kering sempurna 2 jam (30° C) Umur penyimpanan : 1 tahun dengan kemasan tertutup Pengencer : Air bersih Aplikasi : Kuas dan roll PROSEDUR APLIKASI : Permukaan yang akan dicat harus kering & bersih dari debu, minyak dan kotoran lain yang mudah lepas. Gunakan gerinda atau cairan ki