Langsung ke konten utama

6 Tanaman Hias untuk Ruang Keluarga yang Sejuk dan Sehat


Keindahan dan kenyamanan suatu ruangan itu tercipta dari beberapa faktor, seperti pemilihan warna cat dinding, furniture, pencahayaan, dekorasi dan juga sirkulasi udara yang ada di dalam ruangan.

Misalnya saja untuk membuat ruang keluarga terasa sejuk dan segar, Anda bisa menaruh beberapa tanaman di beberapa sudutnya. Dengan pencahayaan ruang yang cukup terutama dari sinar matahari, sirkulasi udara yang baik, tanaman hidup akan membuat ruang keluarga terasa lebih sejuk, sehat dan nyaman.

Namun karena lokasi dan kondiri ruangan, sebaiknya pilih tanaman yang bisa hidup meskipun dengan pencahayaan minim. Kira-kira tanaman apa saja yang bisa dijadikan penyejuk ruang keluarga Anda?

1. Lidah Buaya

pic : unsplash
Tanaman satu ini memang kaya akan manfaat dan kegunaan. Selain bagus untuk kulit dan rambut, lidah buaya sebagai tanaman hias juga tidak membutuhkan perawatan yang rumit. Anda bisa meletakkannya di ruang keluarga untuk membuat suasana sejuk meskipun tanpa pendingin ruangan.

2. Tanaman Sirih gading
pic : unsplash
Seperti halnya lidah buaya, tanaman sirih gading juga tidak membutuhkan perawatan yang rumit. Cukup rajin menyiraminya agar tanaman ini memiliki cadangan air yang cukup. Agar tidak menghambat pertumbuhannya, letakkan tanaman ini di area yang cukup luas. Tanaman sirih gading ini bisa membantu menyaring karbon monoksida dan membuat udara di dalam ruangan lebih segar.

3. Pohon Palem Kuning
pic : unsplash
Tentu sudah tidak asing lagi dengan tanaman yang satu ini. Palem Kuning adalah salah satu tanaman favorit yang dijadikan tanaman hias. Pohon palem berfungsi untuk menyeimbangkan suhu ruangan dan juga mempercantik interior ruang keluarga Anda.

4. Lidah Mertua
pic : unsplash
Saat malam hari, tanaman ini mampu menghasilkan oksigen sehingga membuat ruangan menjadi lebih segar dan menyejukkan. 

5. Bunga Anturhium
pic : unsplash
Bunga anthurium memiliki bentuk daun yang unik, bervariasi dan indah. Coba pilih bunga anthurium mini  untuk mempercantik ruang keluargamu.

6. Tanaman Jade

pic : unsplash
Bentuk daun oval yang tebal dan cantik, tanaman ini juga awet jika dirawat dengan telaten. Lap bagian daun jika tertutupi debu ruangan, cukup beri sedikit air dan siangi sesekali.

Kira-kira tanaman apa yang menjadi pilihan Anda untuk mempercantik dan menyejukkan ruang keluarga hunian Anda?

Sumber : rooang.com & dekoruma.com
x

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Beda Cat Dasar dan Plamir

Banyak orang yang masih bingung dan bahkan mengartikan bahwa cat dasar sama dengan plamir. Ada juga yang sering bertanya, sebaiknya pakai cat dasar atau plamir sebelum cat finish. Baik cat dasar maupun plamir memang sama-sama diaplikasikan sebelum cat akhir/finish, namun keduanya memiliki fungsi yang berbeda. Nah, mari kita simak uraian berikut. Cat Dasar Ada beberapa jenis cat dasar tembok atau cat primer yang beredar di pasaran Indonesia, diantaranya Alkali Resisting Primer ( Undercoat ), Wall Sealer, Waterproofing Sealer & Alkali Killer. Alkali Resisting Primer, cat dasar berbahan emulsi acrylic ini biasa diaplikasikan pada permukaan dinding baru yang sudah kering sempurna. Wall Sealer, berbahan dasar yang sama cat dasar jenis ini diperuntukkan untuk permukaan tembok lama/sudah pernah dicat. Waterproofing Sealer, cat dasar ini bisa diaplikasikan pada permukaan tembok lama maupun baru yang kondisi temboknya lembab. Alkali Killer, berbeda dengan 3 jenis cat dasar seb

Cara Mengatasi Bercak Putih Pada Tembok

Pic : Unsplash Tembok belum lama dicat, tapi sudah muncul bercak-bercak putih, apa penyebabnya? Bercak putih pada tembok yang belum lama dicat disebabkan oleh beberapa faktor berikut ini ; Pengecatan dilakukan pada saat acian yang masih baru dan belum benar-benar kering ( kadar airnya tinggi) Air yang dipakai untuk campuran air dan acian tembok mengandung alkali yang tinggi Tidak menggunakan cat dasar/alkali resisting primer  Terjadi retakan pada plesteran dan acian, sehingga alkali semen terbawa keluar permukaan cat Kualitas cat yang digunakan rendah Nah, berikut cara mengatasinya : Amplas permukaan tembok hingga porous sehingga air yang terjebak di bawah lapisan cat bisa keluar Aplikasikan lapisan anti bocor/waterproofing 1 atau 2 kali lapis, jika kadar air masih tinggi Tunggu hingga lapisan waterproofing benar-benar kering Selanjutnya, aplikasikan cat finish secara bertahap dan biarkan kering Sebagai upaya pencegahan, sebaiknya lakukan hal berikut sebelum proses pengecatan : Cek kad

PROPAN TENNOKOTE - CAT LAPANGAN OLAHRAGA

PROPAN TENNOKOTE - CAT KHUSUS LAPANGAN OLAHRAGA Cat khusus lapangan olahraga, baik didalam maupun diluar ruangan, yang terbuat dari bahan dispersi polymer, filler dan pigmen dalam air. Setelah kering TENNOKOTE akan membentuk lapisan film yang fleksibel dan memiliki daya lekat yang kuat pada lapangan yang terbuat dari beton dan aspal. KEUNGGULAN : Anti slip Tidak berbau Cepat Kering Mudah diaplikasi Berbahan dasar air Daya lekat sangat baik Tahan terhadap sinar UV Bebas mercury/ logam berat DATA TEKNIS : Tampilan akhir : Doff Daya Sebar Teoritis : 1.5 – 2.0 m?2; /kg (200 micron/ 3kali lapis termasuk pasir kuarsa) Waktu kering : Kering sentuh 10 menit (30° C) ; Kering sempurna 2 jam (30° C) Umur penyimpanan : 1 tahun dengan kemasan tertutup Pengencer : Air bersih Aplikasi : Kuas dan roll PROSEDUR APLIKASI : Permukaan yang akan dicat harus kering & bersih dari debu, minyak dan kotoran lain yang mudah lepas. Gunakan gerinda atau cairan ki