Langsung ke konten utama

Tips Mempercantik Rumah Saat Lebaran


Percantik Rumah Saat Lebaran

Sumber : unsplash.com

Hari Raya Idul Fitri bisa dibilang tinggal hitungan minggu. Hari yang sangat dinantikan oleh seluruh Umat Muslim, dimana sebagain besar keluarga akan berkumpul bersama. Untuk menyambut hari yang suci dan istimewa, tentu saja banyak hal yang perlu dipersiapkan. Salah satunya adalah mendekorasi atau mempercantik rumah.
Rumah yang nyaman, bersih dan indah akan menjadi perhatian para tamu, keluarga serta kerabat yang datang berkunjung. Lantas apa saja yang perlu kita persiapkan dan perhatikan agar rumah terlihat cantik saat Hari Raya tiba?
1. Tentukan Tema
Tema dan konsep menjadi kunci utama apa yang harus kita beli dan apa yang harus lakukan untuk mendekorasi rumah. Anda bisa mencari referensi di internet dan mendiskusikannya dengan anggota keluarga.
2. Cat Dinding Rumah
Mengecat ulang rumah seperti sudah menjadi tradisi saat jelang lebaran. Warna terang dan lembut, seperti putih, abu muda, biru pastel, cream bisa menjadi pilihan Anda, tentu saja sesuaikan juga dengan teman dan konsep.
Ada baiknya Anda melakukan pengecatan lebih awal, dibandingkan di hari – hari terakhir jelang lebaran. 
Anda juga bisa sedikit memberikan sentuhan warna gold atau efek granite pada beberapa bagian ruangan agar terlihat mewah. 
3. Dekorasi Ruang Tamu
Hindari untuk mendekorasi ruang tamu secara berlebihan, hal itu akan membuat ruangan terlihat sempit. Cukup tambahkan beberapa aksesoris interior sesuai dengan ukuran ruangan tamu Anda.
Bersihkan sofa dan furniture yang ada jauh-jauh hari, jika perlu ganti atau refinish ulang untuk furniture lama.
4. Dekorasi Ruang Keluarga
Keluarga dan kerabat biasanya akan lebih nyaman berkumpul di ruang keluarga dibandingkan duduk di sofa. Duduk di karpet sambil bercerita bersama menjadi moment yang sangat dinantikan. Tambahkan saja beberapa hiasan dinding seperti kaligrafi, sehingga ruangan terlihat lebih lega dan pastikan mendapatkan pencahayaan yang bagus.
5. Percantik Area Dapur
Mungkin tidak semua tamu akan masuk ke area ini, tapi dapur menjadi salah satu ruangan favorit keluarga saat lebaran tiba. Bersihkan peralatan dan perabot dapur yang ada. Dapur yang bersih dan rapi akan membuat nyaman saat kita berada di dalamnya.
6. Kamar Mandi Bersih dan Wangi
Ruangan atau tempat yang satu ini kadang sering disepelekan. Padahal kamar mandi memiliki peran penting dalam sebuah rumah. Bersihkan lantai, tembok, bak mandi, gayung serta tambahan pengharum ruangan agar tamu semakin nyaman saat di kamar mandi.
7. Bersihkan dan Rapikan Area Taman
Anak-anak biasanya akan lebih suka dan nyaman beraktifitas dan bemain di area taman. Pastikan taman dalam keadaan bersih, rapi, aman dan nyaman untuk anak-anak.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Beda Cat Dasar dan Plamir

Banyak orang yang masih bingung dan bahkan mengartikan bahwa cat dasar sama dengan plamir. Ada juga yang sering bertanya, sebaiknya pakai cat dasar atau plamir sebelum cat finish. Baik cat dasar maupun plamir memang sama-sama diaplikasikan sebelum cat akhir/finish, namun keduanya memiliki fungsi yang berbeda. Nah, mari kita simak uraian berikut. Cat Dasar Ada beberapa jenis cat dasar tembok atau cat primer yang beredar di pasaran Indonesia, diantaranya Alkali Resisting Primer ( Undercoat ), Wall Sealer, Waterproofing Sealer & Alkali Killer. Alkali Resisting Primer, cat dasar berbahan emulsi acrylic ini biasa diaplikasikan pada permukaan dinding baru yang sudah kering sempurna. Wall Sealer, berbahan dasar yang sama cat dasar jenis ini diperuntukkan untuk permukaan tembok lama/sudah pernah dicat. Waterproofing Sealer, cat dasar ini bisa diaplikasikan pada permukaan tembok lama maupun baru yang kondisi temboknya lembab. Alkali Killer, berbeda dengan 3 jenis cat dasar seb

Cara Mengatasi Bercak Putih Pada Tembok

Pic : Unsplash Tembok belum lama dicat, tapi sudah muncul bercak-bercak putih, apa penyebabnya? Bercak putih pada tembok yang belum lama dicat disebabkan oleh beberapa faktor berikut ini ; Pengecatan dilakukan pada saat acian yang masih baru dan belum benar-benar kering ( kadar airnya tinggi) Air yang dipakai untuk campuran air dan acian tembok mengandung alkali yang tinggi Tidak menggunakan cat dasar/alkali resisting primer  Terjadi retakan pada plesteran dan acian, sehingga alkali semen terbawa keluar permukaan cat Kualitas cat yang digunakan rendah Nah, berikut cara mengatasinya : Amplas permukaan tembok hingga porous sehingga air yang terjebak di bawah lapisan cat bisa keluar Aplikasikan lapisan anti bocor/waterproofing 1 atau 2 kali lapis, jika kadar air masih tinggi Tunggu hingga lapisan waterproofing benar-benar kering Selanjutnya, aplikasikan cat finish secara bertahap dan biarkan kering Sebagai upaya pencegahan, sebaiknya lakukan hal berikut sebelum proses pengecatan : Cek kad

PROPAN TENNOKOTE - CAT LAPANGAN OLAHRAGA

PROPAN TENNOKOTE - CAT KHUSUS LAPANGAN OLAHRAGA Cat khusus lapangan olahraga, baik didalam maupun diluar ruangan, yang terbuat dari bahan dispersi polymer, filler dan pigmen dalam air. Setelah kering TENNOKOTE akan membentuk lapisan film yang fleksibel dan memiliki daya lekat yang kuat pada lapangan yang terbuat dari beton dan aspal. KEUNGGULAN : Anti slip Tidak berbau Cepat Kering Mudah diaplikasi Berbahan dasar air Daya lekat sangat baik Tahan terhadap sinar UV Bebas mercury/ logam berat DATA TEKNIS : Tampilan akhir : Doff Daya Sebar Teoritis : 1.5 – 2.0 m?2; /kg (200 micron/ 3kali lapis termasuk pasir kuarsa) Waktu kering : Kering sentuh 10 menit (30° C) ; Kering sempurna 2 jam (30° C) Umur penyimpanan : 1 tahun dengan kemasan tertutup Pengencer : Air bersih Aplikasi : Kuas dan roll PROSEDUR APLIKASI : Permukaan yang akan dicat harus kering & bersih dari debu, minyak dan kotoran lain yang mudah lepas. Gunakan gerinda atau cairan ki